Silahkan chat dengan kami Admin akan membalas, mohon tunggu.
Bismillah, Ada yang bisa dibantu? ...
Mulai chat ...
Rumah Mleyok, Cikarang

Testimoni
"... pertama menggunakan arsitek online diliputi keraguan & was-was, namun ..."

Lain bahan, lain kesan

http://archnewhome.com - Townhouse by Elding Oscarson
          Sifat dan kesan penampilan dari suatu bahan bangunan mempunyai karakter khas yang tersendiri. Kesan penampilan dengan material suatu rumah tinggal yang modern telah mengalami pergeseran ke arah 'urban'. Sehingga setiap rumah zaman sekarang bebas ingin mengekspresikan apa.Dengan demikian bahan-bahan yang dipakaipun lebih dinamis dalam penerapan desain rumah.

         Masing-masing bahan mernpunyai sifat dan karakter sendiri-sendiri yang menampilkan ekspresinya masing-masing. Bahan yang sama tapi penyelesaiannya berbeda akan menampilkan ekspresi yang berbeda pula. Atau dengan kata lain setiap ekspresi dari material akan memperlihatkan bagaimana ia diselesaikan. Setiap ekspresi dari material secara langsung akan berhubungan dengan persepsi seseorang; dan akan menghasilkan asosiasi yang berbeda-beda pula.
 Begitu pula pada bangunan rumah tinggal, maka kita akan dapati kesan penampilan dari rumah yang dicitrakan oleh sifat-sifat bahan bangunannya. Apakah berkesan kokoh, alami, formil ataukah bahkan terjadi manipulasi warna dengan cat yang menyembunyikan karakter bahan yang sebenarnya.
Begitu pula pada ruangan-ruangan dalam rumah, sangat penting kita memilih bahan-bahan apa yang akan dipilih sesuai dari karakter ruangan yang akan ditimbulkan.


          Perlu diketahui pula dalam perkembangan arsitektur rumah, karakter-karakter bahan tersebut juga tidak tergantung dari kesan ruangan atau rumah secara keseluruhan pada umumnya.Kesan penampilan yang ingin ditimbulkan pada zaman sekarang ini telah bergantung juga kepada budaya 'urban' yang telah banyak mengalami pergeseran-pergeseran. Suatu contoh, suatu ruang tidur sekarang tidak harus menampilkan kelunakan, ketenangan atau kehangatan.Suatu ruang tidur modern justru kesan yang ditimbulkan adalah kesan 'urban' yang penuh dengan budaya industrialis. Dengan penggunaan material baja yang diekspos banyak digunakan dalam rumah tinggal modern untuk menimbulkan kesan 'mesin' dan 'urban'.

Berikut ini akan diuraikan beberapa macam bahan dasar beserta sifat dan kesan yang ditimbulkannya.

Kayu 
Sifat : mudah dibentuk, juga untuk konstruksi  yang kecil, bentuk lengkung.
Kesan Penampilan : hangat, lunak, alamiah, menyegarkan.

Batu bata
Sifat : flexibel, terutama pada detail dapat untuk berbagai struktur.
Kesan Penampilan : Praktis, alamiah, rural

Semen (stucco)
Sifat : dapat untuk exterior & interior, cocok diberikan segala macam warna, mudah rata    (homogeny), mudah dibentuk.
Kesan Penampilan : dekoratif  

Batu Alam
Sifat : tak membutuhkan proses, dapat dibentuk (diolah)
Kesan Penampilan : berat, kasar, alamiah, sederhana, informil.

Batu Kapur
Sifat : mudah bergabung dengan bahan lain, mudah rata.
Kesan Penampilan : sederhana, kuat (jika digabung dengan bahan lain)

Marmer
Sifat : licin, mudah dibentuk.
Kesan Penampilan : mewah, kuat, formil , agung.

Beton
Sifat : hanya menahan gaya tekan.
Kesan Penampilan : formil, keras, kaku dan kokoh.

Baja
Sifat : hanya menahan gaya tarik.
Kesan Penampilan : keras, kokoh dan kasar

Metal
Sifat : efisien
Kesan Penampilan : ringan dan dingin.

Kaca
Sifat : tembus pandang, biasanya digabung dengan bahan lain.
Kesan Penampilan : rinkih, dingin dan dinamis

Plastik
Sifat : mudah dibentuk sesuai kebutuhan (karena merupakan bahan pabrik), dapat diberi bermacam-macam warna.
Kesan Penampilan : ringan, dinamis, informil.
          Biasanya bahan bangunan tak pernah berdiri sendiri, selalu digabungkan satu sama lain. Sebagai contoh, kaca hanya merupakan pengisi dari suatu struktur kayu, beton atau baja. Paduan bahan itu didasarkan atas hubungan proporsional. Hubungan hubungannya memerlukan penyelesaian detail yang halus dan cermat sehingga dapat menimbulkan nilai keindahan dengan menciptakan suatu irama dan kesan-kesan tersendiri. Hal tersebut biasanya tercermin jelas pada muka (fasade) bangunan. Biasanya kesan yang didapat oleh masyarakat bukanlah kesan per bahan, melainkan kesan keseluruhan yang merupakan perpaduan bahan ; atau kesan yang didapat dari material yang paling menonjol.

http://archinspire.com
          Untuk saya pribadi, sebagai seorang Arsitek berpendapat ; tidak ada salahnya dalam menrancang rumah mengikuti karakter-karakter rumah pada umumnya dengan mengikuti tren perkembangan zaman. Tetapi saya terkadang bereksperimen memadukan perkembangan zaman dengan tidak meninggalkan zaman dari mana kita berasal. Karakter lokal haruslah ditampakkan untuk supaya tidak timbul perasaan asing dalam diri kita ketika di dalam rumah sendiri. Perasaan "di rumah" atau "pulang" akan timbul ketika di dalam rumah kita sendiri. Rumah akan terkesan lebih mem 'bumi'. Rumah adalah bagian dari alam sekitarnya.
Seseorang tidak akan lepas dengan masa lalunya, kampung halamannya, ayah dan ibunya, kakek dan neneknya. Suatu kebahagian tersendiri bila berkumpul dengan keluarganya. Demikian pula sebaliknya seseorang tidak akan lepas pula dari cita-citanya yang akan datang. Keinginan-keinginan ke depan. Menyongsong masa depan yang lebih cerah yang sesuai dengan zamannya.
Dengan konsep desain rumah yang demikianlah maka karakter dan gaya rumah tidak akan lekang dimakan zaman.Padahal rumah bukan suatu yang akan kita pakai hanya beberapa hari ataupun beberapa bulan, tapi dalam hitungan tahun, minimalnya 20 tahun.
Hmmm ... lalu bagaimana kalau kita sudah membangun rumah yang masa pembangunannya sekian bulan, ketika selesai pembangunan ternyata desain dengan bahan yang tren pada zaman itu sudah usang ?

Nah, sekarang kesan penampilan apa yang diinginkan pada rumah Anda ? Silahkan berkomentar untuk saling berbagi ...

Semoga Bermanfaat.
Terima Kasih, Salam Sukses untuk Anda !

Rachmadi Triatmojo
Pendiri dan Arsitek sketsarumah.com
http://www.sketsarumah.com

Mau tahu Studionya ?
Silahkan klik http://www.sketsarumah.com/p/studio.html

Atau mau tahu langsung hasil-hasil karyanya ?
Silahkan klik http://www.sketsarumah.com/p/karya.html