PORTFOLIOS

PORTFOLIOS di

Mojo Sketsa Rumah
Studio Desain Rumah Online

rumah minimalis| gambar rumah| desain rumah|
rumah adat tradisional| arsitektur rumah| layout rumah| denah rumah
Silahkan klik gambar untuk melihat lebih detail
rumah-minimalis-kanaka rumah-idaman desain-rumah-kelapa rumah-adat-tradisional desain-rumah-ibu-mawar desain-rumah-dokter desain-rumah-roziq desain-rumah-tatang desain-rumah-adidesain-rumah-kanaka90desain-rumah-darmantodesain-rumah-ngatonodesain-rumah-khoitsamahdesain-rumah-rofiidesain-rumah-ludidesain-rumah-pendem
"Arsitek bagaikan seorang Bidan, Arsitek hanya membantu Klien ~ Sang Calon Ibu ~ melahirkan peradaban kecilnya, rumahnya."

Mojo Sketsa Rumah - STUDIO DESAIN RUMAH ONLINE


Silahkan klik MENU BERGAMBAR di bawah ini untuk melihat lebih detail

URUTAN HUBUNGAN KERJA CONTOH SURAT PERJANJIAN

sketsarumah.com

Mojo Sketsa Rumah

POSTING TERANYAR


Bismillah,

Silahkan berkomentar untuk menjalin persahabatan di dunia maya.
Marilah menghidupkan kekayaan hati.

Terima kasih telah menghentikan kesibukan Anda untuk berkunjung.


Senin, 27 September 2010

Denah Rumah Versi Klien, perlukah ? (1)

"Arsitek bagaikan seorang Bidan, Arsitek hanya membantu Klien ~ Sang Calon Ibu ~ melahirkan peradaban kecilnya, rumahnya."

         Sinergi antara keinginan Klien (calon pemilik rumah) dan Arsitek akan menimbulkan kompromi kebutuhan-kebutuhan ruang dan karya arsitektur rumah dalam desain rumah sesuai keinginan Klien tanpa meninggalkan  kaidah-kaidah arsitektur yang dimiliki sang Arsitek.

Denah Rumah Kanaka
          Terkadang calon penghuni rumah dengan semangat yang menggebu-gebu sudah membuat sketsa denah rumah yang diinginkan sebelum bertemu dengan Arsiteknya. Sketsa denah rumah tersebut dibuat tanpa memperhatikan wacana arsitektur dan ilmu konstruksi bangunan rumah. Calon penghuni rumah misalnya menginginkan adanya taman di dalam rumah, atau menginginkan ruang tidur untuk tamu yang bertandang dan menginap, atau menginginkan adanya teras yang luas karena sering menerima tamu dengan jumlah yang banyak, atau keinginan-keinginan lainnya yang telah dia coretkan pada sketsa denah rumah buatan dirinya sendiri.
Ini semua adalah hal yang wajar dan tidak bisa disalahkan. Bahkan, yang demikian ini membantu Arsitek dalam mendeteksi keinginan-keinginan Kliennya. Sedang dari sisi Klien mempunyai segi yang baik pula, yaitu 'Klien merasa mendesain sendiri rumahnya'.

          Tidak kita pungkiri ada hal yang ekstrim, bahwa ada seorang calon penghuni rumah yang anti terhadap Arsitek. Mereka merasa jika memakai jasa Arsitek adalah hanya membuang-buang uang saja. Mereka berpendapat bahwa cukup mencoret-coret denah rumah sendiri dengan referensi dari majalah-majalah atau tabloid-tabloid tentang rumah yang sudah banyak tersebar.
Apa akibatnya ?

Selasa, 07 September 2010

Arsitektur Rumah Bambu, kenapa minder ?

Puri Cinere dengan material bambu, arsitek Yu Sing
           Suatu ketika saya bersama teman yang tetangga saya juga, sedang melaju dengan kendaraan kami di daerah Bojong, Muntilan, Jawa Tengah. Sore itu sore yang indah. Kami melewati sawah-sawah yang indah di kaki gunung Merapi. Hmm ...betapa kaya negeriku dengan pemandangan yang sangat eksotis. Tiba-tiba saya menghentikan kendaraan roda dua yang membawa kami.    
          "Lho, kenapa kok berhenti ?" tanya temanku keheran-heranan.
          Tanpa berkata-kata, seraya menunjuk sesuatu seolah-olah saya menjawab pertanyaan temanku itu. Apa yang saya tunjuk ? Ternyata sebuah bangunan dua lantai terpampang di hadapan kami. Lho apa yang aneh? Ya, menurut saya bangunan dua lantai itu sangat menakjubkan bagi saya sebagai seorang arsitek. Bangunan tersebut keseluruhannya terbuat dari 'bahan bangunan masa depan', bambu. Apa Anda terbayang ? Bangunan dua lantai semuanya terbuat dari bambu. Luar biasa ! Yang terbayang dalam benak Anda bangunan dari bambu pasti rumah-rumah makan Sunda yang biasa hanya terdiri satu lantai.
          "Itu bangunan apa ?" tanyaku kepada temanku tanpa menjawab pertanyaan temanku dan tanpa memperdulikan temanku masih dalam kebingungan.
          "Ooo.. itu.., itu khan bangunan penjaga ternak ayam," jawab temanku masih setengah keheranan.
          "Canggih !," kataku membuat temanku makin bingung.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Suka dengan posting-posting 'buah eksplorasi' saya ? Hmm... lalu apa yang menghalangi Anda untuk mendapatkannya melalui email Anda? Ayo ! masukkan alamat email Anda :

Delivered by FeedBurner

Untuk berkomunikasi secara lebih intens dengan saya, silahkan bergabung :

Menjadi penggemar :

sketsarumah.com Fan Page

Menjadi anggota :

Group sketsarumah.com

Add saya :

Account Facebook Saya

Follow saya :

Twitter Saya

YANG SEDANG HANGAT

Mojo Sketsa Rumah

iZZurau Elemen Desain Rumah

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...