Silahkan chat dengan kami Admin akan membalas, mohon tunggu.
Bismillah, Ada yang bisa dibantu? ...
Mulai chat ...
Rumah Mleyok, Cikarang

Testimoni
"... pertama menggunakan arsitek online diliputi keraguan & was-was, namun ..."

Facade (Fasad)



Fasade atau Fasad (bahasa Perancis: façade, dibaca [fəˈsɑːd]) adalah suatu sisi luar (eksterior) sebuah bangunan, umumnya terutama yang dimaksud adalah bagian depan, tetapi kadang-kadang juga bagian samping dan belakang bangunan. Kata ini berasal dari bahasa Perancis, yang secara harfiah berarti "depan" atau "muka".

Dalam arsitektur, fasade bangunan sering kali adalah suatu hal yang paling penting dari sudut pandang desain, karena ia memberikan suasana bagi bagian-bagian bangunan lainnya. Terdapat banyak fasade yang memiliki nilai sejarah, sehingga peraturan-peraturan penetapan zona lokal atau undang-undang lainnya umumnya dibuat untuk sangat membatasi atau bahkan melarang pengubahan mereka.

Sejatinya, di balik "muka" atau wajah tersebut terdapat dua penafsiran tentang perancangan desain fasade.

Pertama, penafsiran bahwa fasade adalah kulit. Maksudnya fasade bisa terlepas mandiri sebagai permukaan terluar bangunan yang terpisah dari isi bangunan. Ia terbebaskan dari prinsip "form follow function" - bentuk musti mengikuti fungsi -, dan ia melahirkan eksperimen pengolahan fasade yang begitu bebas, tak terikat isi bangunan atau tak terkungkung fungsi di bagian dalam bangunan. Pemilihan material dan warna, eksperimen metode desain yang begitu eksploratif dengan berbagai percobaan.

Yang kedua, wajah bangunan atau fasade adalah hal yang lahir dari dalam. Dengan demikian, ia tak dapat lepas dari fungsi serta filosofi ruang dibaliknya. Atau dengan kata lain, bahwa tampilan luar adalah hasil eksekusi apa yang ada di dalam. Desain fasade dengan prinsip ini, tak akan terwujud fasade hanya sebagai kulit. Layout ruang dalam yang tercermin pada kulit bangunan merupakan rancangan yang sengaja ditonjolkan untuk menunjukkan idealisme para perancangnya. Sehingga fasade yang merupakan kulit bangunan akan nampak tak hanya dua dimensi, tetapi tiga dimensi.

Nah, kedua pemahaman di atas tak ada yang salah. Tergantung persepsi dan prinsip mana yang dipilih.


Sumber:
  1. Wikipedia Bahasa Indonesia
  2. 125 Desain Fasade - Rumah Ide, Edisi Spesial, 2007.