Silahkan chat dengan kami Admin akan membalas, mohon tunggu.
Bismillah, Ada yang bisa dibantu? ...
Mulai chat ...
Rumah Mleyok, Cikarang

Testimoni
"... pertama menggunakan arsitek online diliputi keraguan & was-was, namun ..."

Glass Block

          Glass block adalah kaca yang dicetak di pabrik dengan ukuran 20 cm x 20 cm dengan ketebalan sama dengan lebar batu bata, yaitu kira-kira 11 cm. Sehingga kalau glass block dipasang di antara pasangan batu bata (dinding) ketika diplester dan diaci maka glass block akan terlihat agak tenggelam di dalam dinding sekitar 2 cm luar dan dalam.

          Dahulu glass block mempunyai satu bentuk seperti dijelaskan definisi di atas, sehingga variasi desain dan fungsi tidak bisa beragam. Dalam hal desain hanya menata berbagai posisi dari bentuk-bentuk bujursangkar 20 cm x 20 cm glass block. Dari segi fungsi hanya dipakai sebagai pengganti jendela pada fungsi memasukkan cahaya ke ruang dalam bangunan.

          Sekarang, glass block mempunyai banyak variasi baik bentuk, warna, tekstur dan fungsinya. Bentuk glass block sekarang tidak hanya bujur sangkar 20 cm x 20 cm, tetapi ada yang empat persegi panjang, dan lain sebagainya.
Begitu pula warnanya, tidak hanya melulu putih bening, tetapi sekarang ada yang berwarna hijau, biru dan warna-warna pastel lainnya. Warna pastel ini, jika cahaya menembusnya tidak akan merusak warna ruangan jika menggunakan glass block warna.
Sedang teksturnyapun sekarang ada yang kasar, halus, seperti batu dan lain sebagainya yang memberi nuansa tersendiri jika cahaya membias padanya.
Dalam hal fungsi glass block sekarang ada yang dipadu dengan lobang ventilasi yang lobang tersebut miring di dalam glass block tersebut, sehingga air tampias hujan tidak masuk dan tidak bisa dilihat ke dalam dari luar.

          Karena makin bervariasi, glass block sekarang banyak digunakan untuk alasan estetika, utamanya pada bangunan rumah tinggal modern. Karena warnanya bermacam-macam, efek warna yang ditimbulkan oleh bias cahayanya sangat indah.

           Glass block bisa diletakkan di dinding, sebagai pembatas ruangan atau  sebagai pengganti "bouvenlicht" (ventilasi) dan memasukkan cahaya di kamar mandi. Bahkan sekarang, sudah ada yang meletakkannya di lantai, dimana di bawahnya diletakkan  lampu agar lebih menarik.