Translate

Rabu, 05 Desember 2012

Kaca Floral

Rumah Ramah, Klaten

          Kaca yang bertekstur bunga yang mungkin Anda tidak mengenal namanya. Kaca ini dinamakan Kaca Floral. Kaca Floral ini dari salah satu bahan kaca yang biasa digunakan untuk kaca patri yaitu stained glass. Teksturnya unik, berwarna mencolok biasanya kuning, biru, hijau dan putih (bening) dan berkesan kuno. Memang diketahui, bahwa kaca ini banyak dipakai pada zaman dahulu untuk kaca jendela, ventilasi bahkan furniture. Beberapa penjual menyebutnya dengan nama Kaca Kampung.

          Dewasa ini, kaca ini memang sudah kurang diaplikasikan pada elemen rumah ataupun furniture, dimana sekarang cenderung bergaya minimalis. Akan tetapi banyak orang yang berselera pada gaya desain kuno ataupun etnik tetap menggunakannya pada elemen desain rumah.

           Perlu diketahui, bahwa kaca floral memiliki dua sisi kaca. Sisi yang satu bertekstur bunga-bunga, sedangkan sisi yang lain (dibaliknya) halus. Bagian yang bertekstur mempunyai kekurangan, yaitu dapat menyimpan debu yang terperangkap dipermukaan tekstur tersebut. Membersihkannyapun agak sulit. Nah, terus bagaimana kiatnya agar terlihat bersih dan mudah perawatannya ? Yaitu, dengan cara meletakkan sisi halus pada bagian luar obyek desain, dan sisi yang bertekstur pada bagian dalam. Sehingga mudah membersihkannya dan tidak terlalu cepat berdebu.

Rumah Kenangan, Jakarta
          Yang kami tampilkan di sini adalah Kaca Floral yang diaplikasikan pada jendela dan ventilasi desain rumah Kenangan, Jakarta dan desain rumah Ramah, Klaten.
Bisa kita lihat, bahwa Kaca Floral memang sangat cocok dengan desain rumah etnik atau bergaya kuno. Tetapi, tidak menutup kemungkinan kita bisa mengaplikasikan pada desain rumah minimalis atau modern yang terlihat pada desain rumah Ramah. Kombinasi ini tidak menghilangkan dari segi estetika, bahkan terlihat dinamis.

           Harapan kami, ketika Anda telah membaca artikel ini dan melihat contoh nyata pada desain rumah yang kami kerjakan, Anda tertarik pula mengaplikasikan pada desain rumah Anda.

         Terlihat begitu cantik bukan ?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Posting terkait

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

RUMAH JELAJAH 2

DESAIN RUMAH CIKARANG

DESAIN Rumah Purbalingga

DESAIN RUMAH KENANGAN, JAKARTA

DESAIN RUMAH PUTIH, JOGJA