Translate

Selasa, 04 Desember 2012

Kanopi (Canopy)

Kanopi adalah suatu penutup yang berbentuk seperti atap tetapi tidak berdinding. Biasa ditempatkan di ruang luar atau di atas bukaan (jendela atau pintu) dimana di bawahnya terdapat suatu kegiatan. Dan kegiatan di bawahnya yang paling umum sekarang adalah untuk menempatkan kendaraan roda empat yang semula area tersebut berupa carport (area menempatkan kendaraan roda empat yang tidak beratap).

Kanopi yang mengatapi carport tersebut dibuat karena kebutuhan mendesak akan garasi agar kendaraan roda empat terlindungi dari hujan dan panas. Atau, sang penghuni mempunyai mobil lebih dari satu, yang satu berada di dalam garasi dan yang satu lagi di luar, di bawah kanopi.

Kanopi mempunyai struktur lengkung, kurva, dome, datar dan segitiga dengan rangka struktur terbuat dari rangka baja, besi 'hollow' atau stainless steel.
Untuk struktur kanopi berbentuk lengkung, bahan penutup atap yang umum digunakan bahan-bahan yang fleksibel seperti, kain, terpal, polycarbonat dan lain sebagainya. Bahan-bahan tersebut dengan mudah mengikuti bentuk struktur kanopi yang melengkung.

Sedang kanopi dengan struktur datar untuk saat ini sangat disukai, karena rumah-rumah sekarang banyak mengaplikasikan desain rumah minimalis.Desain rumah minimalis banyak mengadopsi bentuk-bentuk simpel, sederhana dan mengikuti pola garis-garis lurus. Sehingga bentuk kanopi datar sangat sesuai dengan desain rumah minimalis dan tidak merusak kesatuan (unity) keindahan rumah.

Sekarang sudah banyak bahan penutup kanopi yang dibuat lebih cantik dan berwarna-warni, sehingga menambah kanopi di suatu rumah tidak akan merusak kesatuan estetika rumah secara keseluruhan.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Posting terkait

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

RUMAH JELAJAH 2

DESAIN RUMAH CIKARANG

DESAIN Rumah Purbalingga

DESAIN RUMAH KENANGAN, JAKARTA

DESAIN RUMAH PUTIH, JOGJA